2020/12/31

2020 Journey

Tahun 2020 diawali dengan banjir besar di hampir semua area di Jakarta tempat saya tinggal bahkan di jalan protokol yang tidak biasanya terkena banjir. Sudirman, Thamrin, Cawang, Rasuna said sampai runaway Bandara Halim Perdana Kusumah.

Agustus 2019 saya booking tiket untuk trip Maret 2020 karena sedang ada promo diskon dari Tiket.com. Saya masih belum tahu mau jalan dengan siapa, belum ada teman yang berminat gabung.

Biasanya mendekati waktu trip atau jika punya waktu senggang browsing, saya akan menyusun itinerary, booking hotel, transport dan sebagainya. Tapi entah kenapa rasanya malassss sekali mengerjakannya dan memang sedang hectic dengan pekerjaan dan project yang menjadi tanggung jawab saya.

Januari 2020 saya baca mengenai wabah Covid-19 di Wuhan yang lokasinya tak terlalu jauh dengan destinasi trip saya tahun ini, maka saya mulai memantau apakah akan penutupan penerbangan. Saya mengajukan refund tapi ditolak. 4 Februari saya terima email bahwa penerbangan dibatalkan. Entah kenapa kali ini saya lega sekali gak jadi ngetrip, yang biasanya saya akan kesal.

Pertengahan Maret 2020, dengan merebaknya pandemi Covid-19 di Jakarta, kantor saya memutuskan kami untuk work form home (WFH) sampai saat tulisan ini dibuat (Desember 2020), sudah 9 bulan!! Namun tetap ada yang bisa disyukuri dengan peristiwa ini, dengan WFH maka proyek besar yang saya bersama tim kerjakan bisa diselesaikan karena tidak ada terbatas dengan jam kerja kantor. Komunikasi dengan tim lebih intens, bisa conferrence call kapanpun tanpa harus booking ruang meeting yang biasanya susah banget karena berebut dengan unit kerja lain.  

Dengan kerja di rumah mau tidak mau harus memasak untuk makan, memanfaatkan aplikasi resep mulailah belajar masak walau sampai saat ini belum mahir juga hehehe......

Dari pagi sampai siang masih bisa menikmati suara burung lewat jendela. Langit Jakarta membiru....udara lebih bersih. Diberitakan binatang2 yang dikira sudah punah ternyata bisa ditemukan. Keluarga berkumpul di rumah karena anak-anak belajar secara online, ayah ibu juga kerja dari rumah, yang biasa susah ketemu.

Banyak temuan kreatif menyiasati kondisi yang sebelumnya ide-ide tersebut tak pernah terpikirkan. Orang-orang menemukan hobi baru, seperti tanaman, memelihara ikan sampai membuka bisnis baru dan masih banyak lagi.

Walau begitu, banyak juga kendala tapi apapun kondisinya pasti ada kendala, yang penting adalah bagaimana kita menyikapinya. Apakah akan menjadi mandeg putus asa atau malah jadi kreatif memilirkan solusi yang sebelumnya tak pernah terbanyangkan. Semua itu kembali lagi ke pilihan yang diambil oleh masing-masing orang, karena hidup adalah pilihan.

Dulu hampir tiap minggu pasti nonton ke bioskop dekat rumah, tapi selama pandemi bioskop di Jakarta tutup total. Namun 1 atau 2 bulan lalu saya menemukan cara nonton bioskop tanpa harus ke luar rumah dan bahkan tiketnya lebih murah daripada ke bioskop. Saya nonton bioskop online yang memutar film baru.....sebuah pengalaman baru. Menjelang Natal, saya nonton film-film bertemakan Natal di Netflix, salah satunya yang menarik adalah Dash & Lily dan masih banyak pilihan film ataupun TV seri yang menarik sebagai hiburan untuk menimbangi kepenatan kerja karena justru dengan WFH, yang tidak ada batasan waktu kerja, malah lebih sibuk dibandingkan dengan jika work at office.

Setahun ini jadi tidak cuti sama sekali, tidak sempat traveling hanya beberapa kali mencoba virtual traveling salah salah satu yang berkesan adalah ‘mengunjungi’ Sistine Chapel di Vatican, dimana kita bisa melihat lukisan di dinding maupun langit-langit dari dekat, dulu waktu berkunjung secara fisik tidak mungkin dilakukan karena terlalu jauh atau terlalu tinggi. Amazing!....

Apapun situasi & kondisi, pilihan ada di kita sendiri apakah kita mau mensyukuri atau mengeluh dan mandeg. Sebentar lagi pergantian tahun 2021, yang masih belum jelas bagaimana tapi jangan lepas harapan....semoga 2021 pandemi ini berakhir dengan telah ditemukan dan dikembangkan vaksin, walau pada September 2020 ditemukan varian baru, mutasi dari virus covid di Inggris yang lebih ganas & cepat penyebarannya.



Selamat memasuki tahun 2021! Tetap sehat, semangat & penuh harapan, karena itu yang membuat kita hidup....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar