2015/07/30

Memesan Tiket Kereta Api India

Kereta api merupakan moda transportasi di India yang murah dengan jangkauan yang cukup luas. Pemesanan tiket agak rumit. Kita bisa memesan lewat website perusahaan kereta api milik pemerintah India (IRCTC), namun pembayaran dengan kartu kredit di luar India hanya menerima Amex saja, kartu Visa & Master hanya yang diterbitkan oleh Bank di India, setidaknya ini info yang saya baca sebelum membeli tiket. Pilihan lain kita bisa memesan melalui Cleartrip, di sini kita bisa memesan tiket kereta api, pesawat, bus & hotel. Kita bisa membayar dengan kartu kredit Visa & Master terbitan negara di luar India. Saya memesan tiket kereta api & pesawat untuk trip India kami.

Meski memesanan tiket kereta api via Cleartrip, kita tetap wajib memiliki user ID IRCTC. Website Cleartrip akan mengarahkan pembuatan user IRCTC.

Pembuatan user ID IRCTC memerlukan nomor mobile India yang terdiri dari 10 digit. Jika kita tidak punya, maka isi dengan nomor dummy. Saat pengisian akan diberitahu format yang diinginkan. Saya harus mencoba beberapa kali untuk mendapatkan dummy number yang masih belum terpakai.

Pengaktifan user IRCTC memerlukan 2 jenis OTP (One Time Password) yaitu email OTP yang dikirim ke email kita dan mobile OTP yang dikirim ke nomor mobile yang terdaftar. Karena nomor yang kita gunakan dummy, maka kita tidak akan memperoleh mobile OTP tersebut. Jadi bagaimana selanjutnya?

Begini caranya, setelah selesai registrasi, kirimkan email ke care@irctc.co.in, sebutkan bahwa kita bukan warga India dan tidak memiliki nomor mobile India, memerlukan mobile OTP untuk verifikasi registrasi. Sebutkan user ID dan email kita, lampirkan scan passport maka mobile OTP akan dikirim melalui email. Saya memperoleh jawaban sehari kemudian.

Setelah registrasi IRCTC selesai & terverifikasi, kita bisa melakukan pemesanan di Cleartrip.  

Jenis kereta api di India:
  • 1A = First Class air-conditioned (AC1)
  • 2A = 2 Tier air-conditioned (AC2)
  • 3A = 3 Tier air-conditioned (AC3)
  • FC = First Class NOT air-conditioned
  • EC = Executive chair class, air-conditioned
  • CC = Chair class, air-conditioned
  • SL = Sleeper Class, NOT air-conditioned
  • 2S = Bookable second class seat, NOT air-conditioned
  • II = Unreserved 2nd class, NOT air-conditioned

Kami pergi saat India sedang panas-panasnya malah beberapa waktu sebelumnya ada berita banyak yang meninggal karena kepanasan (heat stroke). Jadi kami memutuskan untuk menggunakan kereta dengan AC termurah. 

Cleartrip membebankan service fee Rs 20/booking dan processing fee untuk pembayaran dengan kartu kredit sebesar 1,8% dari nilai booking.

Delhi - Jaipur Train Ticket for 3 person

Kereta api India mempunyai sistem yang unik. Terdapat 3 status pemesanan tiket. 
  1. Confirmed reservation (CNF) artinya tiket sudah dikonfirmasi. Anda akan mendapatkan tempat duduk/tidur sesuai nomor.
  2. Reservation Against Cancellation (RAC) artinya anda diperbolehkan naik kereta tetapi hanya akan mendapatkan tempat duduk/tidur jika ada penumpang yang tidak datang atau berdiri sepanjang perjalanan. Status ini dapat berubah otomatis menjadi CNF jika ada tiket CNF yang di batalkan. Jadi anda perlu sering memeriksa status tiket anda.
  3.  Waitlisted (WL), tiket dengan status ini tidak diperbolehkan naik ke kereta. Namun status ini dapat berubah menjadi RAC jika ada tiket RAC yang berubah menjadi CNF. Dari CNF dapat meningkat menjadi CNF.
Anda dapat memeriksa status tiket anda dengan menggunakan PNR di website Indian Rail atau Cleartrip jika memesan di situ.

Semua tiket kereta saya pesan sekitar 6 minggu sebelumnya. Saya mendapat tiket dengan status CNF. 

Kereta api kami dari Delhi ke Jaipur ternyata dibatalkan beberapa jam sebelum keberangkatan, karena banjir. Kami tidak dapat memasuki stasiun kereta api dan harus mengurus tiketnya di India Tourism Development Corporation (ITDC), namum malah terkena penipuan (cerita selengkapnya di tulisan berikutnya).

Kami diberitahu kalau kereta dibatalkan maka uang akan otomatis dikembalikan ke sumber dananya. Namun setelah kembali ke Jakarta, saya periksa rekening, tidak ada dana yang dikembalikan ;(.

Kami tidak mendapatkan akses internet, jadi tidak bisa memeriksa aturan jika terjadi pembatalan. Setelah kembali ke Jakarta saya dapat info aturan refund

Semoga bermanfaat.


3 komentar:

  1. mas...saya sudah register dan sudah mendapatkan mobile OTP via email tapi ketika saya masukan mobile OTP tersebut saya mendapatkan notifikasi bahwa mobile OTP is invalid....bagaimana ya mas,mohon petunjuk. terima kasih.

    BalasHapus
  2. Apakah tahapan ini sudah dilakukan?
    setelah selesai registrasi, kirimkan email ke care@irctc.co.in, sebutkan bahwa kita bukan warga India dan tidak memiliki nomor mobile India, memerlukan mobile OTP untuk verifikasi registrasi. Sebutkan user ID dan email kita, lampirkan scan passport maka mobile OTP akan dikirim melalui email. Saya memperoleh jawaban sehari kemudian.

    Jika sudah dilakukan, coba lakukan Resend OTP, gunakan link aktivasi.
    Semoga membantu.

    BalasHapus
  3. maaf tidak bisa meminjamkan akun saya, ID nya menggunakan email & notifikasi akan dikirimkan pula ke email. Buat sendiri saja, mudah & gratis kok.Ikuti saja petunjuk seperti tertulis di atas.

    BalasHapus