2017/12/28

Central Vietnam Trip 2017 - Itinerary

Awalnya tidak ada rencana untuk ke Vietnam, walau memang Hoi An & Hue ada di wish list saya dan sejak adanya rute Air Asia ke Da Nang dari Jakarta (transit KL). Inginnya ke Pulau Sumba dari Barat ke Timur atau sebalikya, karena tahun 2015 hanya sempat mampir ke Waingapu saja mengunjungi seorang teman, jadi tidak sempat menjelajah. Namun sehubungan penerbangan ke Sumba selau transit di Denpasar dan kala itu status Gunung Agung yang tidak jelas, maka akhirnya saya memutuskan untuk pindah destinasi yang mudah, murah dan tanpa harus menguus Visa.

Ini kali kedua saya ke Vietnam tapi kali pertama ke area Vietnam tengah. Pertama kali ke Vietnam tahun 2004 bersama teman yang asli orang Vietnam tapi lama tinggal di Indonesia. Dulu hanya sempat ke Hanoi termasuk Ha long Bay dan Saigon saja, dan kami menginap di rumah saudara teman saya itu. Nah kali ini saya pergi berdua dengan teman yang saya kenal karena urusan pekerjaan, jadi saya belum tahu apakah akan cocok dengan gaya jalan-jalan saya, jadi saya buat rencana trip yang santai dan nyaman saja, tidak seperti biasanya yang 'kejar tayang' hehehe.....

Destinasi saya tentukan dulu Da Nang, Hoi An dan Hue, lalu saya book tiket pakai Air Asia dan penginapan via Booking.com. Sebenarnya ada beberapa destinasi lain di Vietnam Tengah juga yang ingin saya kunjungi tapi setelah saya cek jaraknya perlu waktu lama, sedang ini trip santai. Selama di sana hampir tiap hari hujan, jadi beberapa rencana terpaksa dilewatkan, bahkan sempat tidur siang 😁. Itinerary di bawah ini sesuai yang kami jalani.

Central Vietnam Itinerary

D1 - Jakarta - Kuala Lumpur - Da Nang dengan Air Asia
       Pick up service dari penginapan di Hoi An $12/mobil
       Menginap 3 malam di Green garden House, Hoi An selama 3 malam $15/kamar
       untuk 2 orang termasuk sarapan. Lokasinya dekat dengan Hoi An Ancient Town.
       Jalan-jalan di Hoi An Ancient Town.

D2 - Jalan kaki ke Tra Que Vegetable Village
       Jalan-jalan lagi di Hoi An Ancient Town.

D3 - Rencana awal ingin ke My Son tapi melihat ramalan cuaca hujan, maka kami tidak
       booking trip ini. Jika tidak ingin ikut trip, bisa menyewa sepeda motor ke sana. Jika
       ikut trip ada 2 pilihan yaitu pergi dan pulang naik bus atau pergi naik bus pulang naik
       boat. Batal ke My Son, kami menyewa sepeda dari penginapan (VND 20.000/sepeda).
       Kami ke pantai Cua Dai dan Anh Bang lalu ke Hoi An Ancient Town lagi.

D4 - Naik sleeper bus Hoi An - Hue (VND 90.000)
       Menginap di Ngoc Tung Mini Hotel untuk 2 malam termasuk sarapan $14.40, kami
       membayar dengan VND 385.000. Lokasinya tidak jauh dari Hue Imperial Citadel.
       Jalan kaki ke Dong Ba Market lalu ke Hue Imperial Citadel.

D5 - Jalan kaki ke Thien Mu Pagoda
       Naik Dragon Boat dari dermaga Thien Mu, menyusuri Perfume River sampai dermaga
       Citadel, harga setelah tawar menawar VND 140.000/boat.
       Jalan kaki ke An Dinh Palace, lalu kembali ke penginapan.

D6 - Naik bus Hue - Da Nang VND 80.000
       Menginap di D-Green Hostel untuk 2 malam $26 termasuk sarapan, kami membayar
       VND 585.000.
       Jalan kaki ke Da Nang Cathedral, Dinh Hai Chau village, Dragon Bridge, DHC Marina,
       Dragon carp, melewati APEC Park, Trần Thị Lý Bridge, lalu kembali ke D-Green.

D7 - Sewa sepeda motor dari penginapan VND 130.000 sehari termasuk bensin.
       Marbel Mountain, tiket masuk VND 40.000
       My Khe Beach
       Linh Ung Pagoda

D8 - Da Nang - Kuala Lumpur - Jakarta dengan Air Asia


Sekedar info.....

  1. Di Vietnam menerima pembayaran dengan USD, jika punya pecahan kecil juga bisa diterima sebagai alat pembayaran. Tukarlah Vietnam Dong di sana, bawalah USD. Mata uang VND saat ini nilainya lebih rendah daripada IDR, per Desember'17, 1 IDR sekitar 1,6 VND. 
  2. Beli SIM Card lokal akan sangat membantu untuk petunjuk arah (google map), karena transportasi publik masal kurang. Pilihan transportasi murah dengan jalan kaki, sewa sepeda atau sepeda motor. Referensi dari warga lokal, gunakan Viettel.  
  3. Carilah penginapan yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dengan destinasi utama yang ingin dikunjungi. Booking.com andalan saya, karena pilihan free cancel dan bayar ditempat.
  4. Instal aplikasi Uber dan Grab, untuk pilihan transportasi, terutama dari dan ke Airport daripada menggunakan taxi, hanya setahu saja baru ada di kota besar saja seperti Hanoi, Saigon dan Da Nang.
  5. Referensi tentang Vietnam saya baca di Vietnam Guide dan Vietnam Tourism.
  6. Jika ingin menggunakan taxi disarankan memilih Vinasun atau Mailinh, pastikan argo nya berfungsi. 
  7. Selalu menawar harga jika ingin membeli/membayar sesuatu, kecuali sudah tercantum harga pastinya.
  8. Google translate akan membantu komunikasi dengan warga lokal yang tidak paham bahasa Inggris.     

Cerita trip selengkapnya ada di tulisan berikutnya......     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar