2013/05/23

Eagle's Nest (Kehlsteinhaus), sebuah warisan sejarah

Pertamakali melihat Eagle’s nest waktu nonton film seri TV Band of Brothers yang dibuat oleh Steven Spielberg berdasarkan buku Stephen Ambrose dengan judul yang sama. Pemandangannya wow banget (breathtaking).
 
Eagle’s nest dirancang oleh Martin Bormann sebagai hadiah ulang tahun Adolf Hitler ke-50 (20 April 1939) atas nama partai Nazi (NSDAP). Konon kabarnya Hitler sendiri jarang ke sana, salah satunya karena punya phobia ketinggian.
Pembangunan diselesaikan dalam 13 bulan pada musim panas 1938. Berada di puncak gunung Kehlstein 1.834 meter, yg harus ditempuh dengan menggunakan bus khusus serta berjalan melalui terowongan yg menembus gunung sepanjang 124 meter, disambung dengan naik lift kuningan yang masih asli setinggi 124 meter. Bangunan ini selamat dari pemboman Sekuti pada akhir Perang Dunia II.

Dibuka untuk umum mulai 1952. Saat ini difungsikan sebagai restoran puncak gunung dengan pemandangan spektakuler. Karena ketinggiannya, hanya dibuka antara pertengahan Mei sampai Oktober saja.
Begitu ada kesempatan melakukan trip ke Eropa, Mengunjungi Eagle’s nest saya masukkan ke itinerary. Berlokasi di Obersalzberg, kota Berchtesgaden, Jerman yang berbatasan dengan kota Salzburg, Austria. Saya berdua teman menuju Salzburg dari Munich/Munchen dengan menggunakan Eurorail. Sesampai di stasiun kereta, setelah pintu keluar menuju terminal bus terdapat beberapa agen tur yang menawarkan tur ke Eagle’s nest. Kami ambil tur karena tidak ada transportasi umum ke sana. Alternatif lain dengan sewa mobil.
Tur Eagle’s nest seharga EUR 50 (September 2011), pagi dijemput di hotel tempat kita menginap dengan bus kecil, lalu ganti dengan bus besar. Bus tur hanya diperbolehkan sampai tempat parkir saja. Untuk menuju lokasi harus ganti bus khusus yg sudah disediakan, tidak perlu bayar lagi, sudah termasuk dalam harga tiket.
Sambil foto-foto, eksplor sekitar bagunan harus hati-hati, karena licin dengan banyaknya salju yg mencair. Dalam perjalanan kembali ke Salzburg, kami mampir ke kota Berchtesgaden di kaki gunung. Kota kecil nyamandan cantik, banyak cafe di sepanjang jalan. Tur selesai sekitar jam 2 siang. Kami lanjutkan dengan jelajah kota Salzburg yg salah satunya lokasi pembuatan film Sound of Music.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar