2013/06/04

Ephesus - Library of Celcus

Untuk mengunjungi Ephesus, ada 3 kota pilihan untuk menginap, yaitu Izmir (Smyrna) yang mempunyai airport, Kusadasi yang merupakan kota pantai di tepi laut Aegean dan Selcuk yang terdekat dengan Ephesus, didominasi oleh bukit Ayasoluk. Kami pilih menginap di Selcuk.

Setelah sarapan, kami ke terminal untuk naik dolmus ke Ephesus yang ternyata tidak jauh, hanya sekitar 2 km saja, tarif TL2,5. Bisa jalan kaki kalau mau. Dolmus berhenti di depan pintu masuk. Tiket masuk Ephesus TL 25. kompleks lumayan luas tapi tidak seluas Hierapolis. Terlihat Coloseum/amphitheater yang sedang direnovasi, beberapa runtuhan gereja, dan yang masih berdiri tegak Library of Celsus yang terkenal. 

Library of Celcus sebenarnya merupakan sebuah makam dan kuil yang dibangun untuk menghormati seorang senator Roma bernama Gaius Julius Celcus Polemaeanus. Makamnya berada di bawah perpustakaan, yang tidak lazim ya....

Konon kabarnya dahulu merupakan perpustakaan yang cukup lengkap (sekitar 12 ribu naskah) selain Library of Pergamon (200 ribu naskah) dan Library of Alexandria (400 ribu naskah).

Library of Celsus @Ephesus
 
Roman Theather

Othordox ceremony @Ephesus

Ephesus
map of ancient Ephesus

Yang masih utuh tiang2 pintu masuknya, sudah tidak ada atapnya. namun masih terpelihara dg baik. Terdapat pula theather yang lebih kecil menjelang pintu keluar/masuk yg satu lagi. Di pintu keluar ini tidak ada kendaraan umum, hanya ada taxi, jadi kami jalan balik ke pintu masuk semula untuk naik dolmus. Matahari sedang keluar, panas sekali, jadi kami memutuskan pulang naik dolmus saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar