2017/08/25

Itinerary Spain Trip 2017

Spanyol merupakan negara terakhir untuk trip Eropa kali ini. Dimulai dengan terbang dari Toulose ke Madrid dan berakhir di Barcelona, sebelum kembali ke Jakarta.  

Berikut itinerary trip kami.
D1 - Terbang dari Toulouse (8.15) dengan Ryan Air mendarat di Madrid Madrid-Barajas                Airport (9.35) . Menginap 2 malam di Pensión Rodríguez yang kami booking melalui 
        Booking.com.
        Mengikuti Sandeman Free Walking Tour yang saya booking 1 hari sebelumnya.

D2 - Madrid

D3 - Madrid - Granada naik bus Alsa (5 jam), penginapan booking di Airbnb untuk 2 malam
        
D4 -  Granada - Alhambra

D5 - Granada - Seville dengan bus Alsa (4,5 jam). Menginap semalam di Pensión Javier, 
       booking melalui booking.com  
      
D6 - Seville (6.35) - Barcelona (8.15) terbang dengan Ryan Air.
       Penginapan booking di Airbnb untuk 2 malam.

D7 - Barcelona

D8 - Barcelona - Singapore dengan Singapore Airline, via Milan. 

D9 - Singapore - Jakarta


Spain Trip Route

Membeli tiket Alhambra
Jika ingin mengunjungi Alhambra, disarankan untuk membeli tiketnya terlebih dahulu, untuk menghindari antrian dan kehabisan tiket sebab terdapat kuota untuk jumlah pengunjung per hari dan penjadwalan waktu kunjungan di Nasrid Palace. Saya membeli tiketnya secara online sejak di Jakarta melalui ticketmaster

Terdapat beberapa pilihan jenis tiket. Saya memilih tiket Alhambra General. Pilih tanggal kunjungan, lalu klik buy ticket, input jumlah tiket yang akan dibeli maka akan ditampilkan harga tiket yang harus dibayar, harga €15,4 per tiket orang dewasa. Pilih waktu yang diinginkan untuk masuk ke Nasrid Palace, pilihan yang ditampilkan hanya waktu yang masih tersedia kuotanya. Tahap berikutnya akan ditampilkan pilihan diskon spesial, hati-hati memilihnya karena jika kita tidak dapat membuktikan maka tiket tidak dapat digunakan. Misalnya memilih diskon untuk anak usia di bawah 12 tahun. Diskon yang tersedia tidak berlaku untuk kami, jadi tidak ada yang saya pilih. Saya membayar dengan kartu kredit. Untunglah situs ini dapat menerima pembayaran tiket menggunakan kartu kredit terbitan Indonesia. Kita akan mendapat email konfirmasi atas pembelian tiket. 


Membeli tiket bus Alsa
Saya membeli tiket bus Alsa sejak di Jakarta. Tiket dapat dibeli melalui situs Alsa, jika tidak berhasil dapat juga lewat Movelia. Pembelian tidak bisa dengan kartu kredit terbitan di luar negara Eropa. Alternatif lain menggunapak PayPal. Saya tidak punya rekening PayPal, jadi terpaksa meminjam punya teman. Situsnya juga agak merepotkan, karena meskipun telah memilih bahasa Inggris, tidak semuanya diterjemahkan dalam bahasa Inggris tapi masih dalam bahasa Spanyol. Terpaksa saya translate satu per satu dengan bantuan google, daripada salah pengertian. Pembelian tiket online juga dikenakan biaya administrasi besarnya tergantung harga tiket. 1,03 untuk tiket nasional di bawah 10, diatas €10, biayanya €2,60 sedangkan tiket internasional €1. 
Kita dapat mengurangi biaya adimistrasi dengan mendaftar sebagai anggota Bus Plus, biaya administrasi hanya dikenakan untuk pembelian pertama saja, selanjutnya gratis.  


Awalnya ingin mampir ke Cordoba, tapi waktu tidak mencukupi, jadi harus memilih antara Sevilla dan Cordoba. Sevillapun hanya kebagian setengah hari, yang saya rasa masih kurang.

Detail trip juga tidak sempat saya siapkan. Yang jelas mesti mampir ke stadion Real Madrid dan Barcelona FC. Biasanya informasi tentang destinasi dan transportasi lokal kota berikutnya, saya google pada malam sebelum pindah kota. Kami tidak menggunakan data roaming ataupun membeli nomor lokal, selama trip kami hanya mengandalkan wifi dari penginapan saja. 

Catatan perjalanan per hari baca dalam Spain Trip 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar