2017/08/10

Mengurus Visa Schengen via Perancis - 2017

Setelah memperoleh kembali paspor dengan visa UK tertempel di dalamnya. Kami lalu mempersiapkan dokumen untuk pengurusan visa Schengen. Setelah mengotak-atik rute perjalanan menggunakan bantuan situs Rome2Rio dan Route Perfect, kami sepakat Perancis dan Spanyol menjadi destinasi berikutnya, dengan pertimbangan budget dan waktu yang kami miliki. 

Dengan banyaknya negara Schengen, memang cukup memusingkan pemilihannya, jadi tahap awal kami memutuskan berdasarkan harga tiket masuk dan keluar dari Schengen pada tanggal yang telah kami tentukan, agar pilihan tidak melebar kemana-mana. Selain itu kami telah menetapkan destinasi wajib yaitu Lourdes dan Spanyol, destinasi lainnya menyesuaikan yang penting belum pernah dikunjungi. Swiss, Yunani dan negara-negara Eropa Timur yang ada di daftar, akhirnya kami coret.

Paris merupakan akses termudah dan murah untuk masuk ke Perancis dari Edinburgh. Awalnyapun kami ingin naik kereta api lewat bawah laut (Channel Tunnel) tapi untuk itu kami harus kembali ke London. Pertimbangan lain juga ternyata kita tidak bisa melihat lautan selama perjalanan karena jalur kereta berada dalam terowongan. Naik pesawat Edinburgh - Paris akhirnya menjadi pilihan. 

Setelah menetapkan negara Perancis dan Spanyol, selanjutnya memilih akan apply visa via Perancis atau Spanyol? untuk itu kami menyusun dahulu itinerarynya, lalu menghitung mana yang lebih lama kami singgahi. Ternyata keduanya dalam jumlah hari yang sama. Akhirnya kami memilih lewat Kedutaan Perancis. Perancis menunjuk TLScontact menjadi agennya sedangkan Spanyol menggunakan BLS International.  

Visa Schengen

Berikut prosedur pengajuan visa Perancis melalui TLScontact.
  1. Pilih jenis visa dan dokumen yang diperlukan, untuk kami jenis Tourism (less than 90 days) 
  2. Buatlah akun di situs TLScontact, jika bepergian bersama keluarga, teman atau saudara atau siapapun, cukup buat 1 akun untuk seluruh rombongan.
  3. Input data-data personal, input satu persatu data dari anggota rombongan.
  4. Daftar jadwal penyerahan dokumen secara online. Situs akan menunjukkan tanggal dan jam yang masih kosong, sepertinya setiap jam ada kuotanya. Kami baru mendapat jadwal 2 minggu kemudian ;( 
  5. Siapkan dokumen yang dipersyaratkan
  6. Datang dan serahkan dokumen sesuai jadwal yang telah ditentukan. Bayar biaya visa di loket pembayaran. 
  7. Pantau status dari situs TLScontact, selain kita juga mendapatkan email pemberitahuan.
  8. Ambil paspor jika telah mendapatkan informasi bahwa paspor telah kembali ke TLScontact dengan membawa tanda terima aplikasi visa dan fotocopy paspor pada halaman yang berisi data diri. Pengambilan paspor bisa diwakilkan.

Berikut dokumen yang diperlukan dan harus diserahkan untuk visa turis kurang dari 90 hari.

  1. Formulir aplikasi pengajuan visa yang dicetak setelah kita mengisinya secara online di situs TLScontact dan telah ditanda-tangani.
  2. Paspor dengan tanggal berlaku lebih dari 3 bulan dari tanggal berlaku visa yang diminta, dengan 2 halaman kosong untuk dimana visa stiker akan ditempel ⇒ Asli dan fotokopi halaman yang ada data diri.
  3. 2 lembar pasfoto Ukuran 3.5cm x 4.5cm, foto berwarna dengan latar belakang putih, diambil dalam 6 bulan terakhir. 1 ditempel di aplikasi visa, yang 1 lagi dikembalikan saat paspor kembali.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga, dari halaman yang berisi informasi tentang pemohon dan anggota keluarga.
  5. Surat keterangan bekerja/pensiun/sekolah dalam bahasa Inggris atau Perancis. 
  6. SIUP untuk pengusaha dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  7. Surat referensi Bank  dalam bahasa Inggris atau Perancis.
  8. Fotokopi rekening 3 bulan terakhir
  9. Slip gaji 3 bulan terakhir atau bisa juga dicantumkan dalam surat keterangan dari kantor (no.5)
  10. Konfirmasi pemesanan tiket pulang pergi dari Indonesia.
  11. Bukti konifrmasi pemesanan tempat tinggal untuk setiap malam selama di Negara Schengen. Petugas TLScontact tidak mau melihat itinerary, yang penting setiap tanggal harus ada booking penginapan, meskipun kita bermalam di bus. Kecuali kita sudah melampirkan pemesanan bus malam tsb.
  12. Itinerary tetap saya lampirkan meskipun mbak petugas bilang, kedutaan tidak akan melihat itinerary. Menurut saya paling tidak akan membantu kedutaan saat pemeriksaan, apalagi saat banyak aplikasi yang masuk. 
  13. Asuransi perjalanan dengan minumum cover € 30.000,- dari perusahaan asuransi yang direkomendasikan. Asuransi yang kami beli dengan durasi sejak tanggal keberangkatan sampai pulang ke Jakarta sekaligus untuk trip UK, Perancis dan Spanyol.
  14. Tambahan dokumen untuk anak di bawah umur: surat kelahiran, surat ijin orang tua/wali semuanya dalam bahasa Inggris atau Perancis.


Data-data apa saja yang diminta saat penginputan aplikasi visa.

  1. Tujuan perjalanan : tipe visa ==> Tourism
  2. Data pribadi : nama, gender, tempat & tanggal lahir, kebangsaan, status pernikahan, data-data orang tua (untuk di bawah umur), data dokumen perjalanan (jenis, nomor, tanggal penerbitan & kadaluarsa, institusi yang menerbitkan, status pekerjaan, alamat rumah, nomor telpon, email.
  3. Informasi perjalanan : destinasi pertama yang dikunjungi (France), destinasi utama (France), tanggal masuk & keluar dari wilayah Schengen, apakah akan mengunjungi wilayah Perancis lainnya, lalu alamat & nomor telpon penginapan di perancis (input yang pertama saja), kemudian biaya perjalanan ditanggung oleh siapa dan menggunakan apa.
  4. Histori tentang visa Schengen : apakah pernah mendapatkan visa Schengen dalam 3 tahun terakhir dan tentang pengambilan sidik jari. Kita tidak perlu mengulang pengambilan sidik jari jika sudah pernah, hingga penyerahan dokumen dapat diwakilkan, dengan catatan selama paspor yang digunakan masih sama.
  5. Terakhir tanggal asuransi perjalanan mulai berlaku. 
Pilih Save Draft jika penginputan belum selesai atau Done jika sudah selesai. Lanjutkan dengan validasi data, kita tidak bisa mengubah data lagi setelah validasi. Input data peserta rombongan lainya, jika ada. 

Langkah berikutnya mendaftar janji penyerahan dokumen. Hanya tanggal dan jam yang masih tersedia yang bisa dipilih. Kita akan mendapatkan konfirmasi melalui email. Login ke situs dan cetak. Pada lembar konfirmasi akan dicantumkan biaya yang akan kita bayar. 
Saat itu biayanya visa Rp.847.500,- dan  biaya pengurusan Rp.90.000,-

Datang ke lokasi TLScontact sesuai jadwal. Kita harus menitipkan HP dan laptop di loker kecil yang disediakan, tas boleh dibawa masuk. Ambil nomor antrian, petugas akan memeriksa lembar janji penyerahan. Untuk 1 rombongan 1 nomor antrian. Tunggu sampai nomor dipanggil. 

Petugas penerima dokumen akan memeriksa persyaratan dan memberitahu jika masih ada kekurangan atau kesalahan. Jika ada dokumen yang kurang, kita diperbolehkan menyusulkan sampai waktu tertentu. Kami diminta untuk menambahkan booking hotel pada malam kami naik bus malam, karena saya belum membeli tiket busnya. Kami diminta untuk mengirimkannya sebelum jam 12 siang (saat itu jadwal kami jam 8 pagi) melalui email ke alamat email dan dengan subjek yang telah ditentukan oleh petugas. 

Jika tidak bisa melengkapi pada waktu yang ditentukan, kita diberi 2 pilihan yaitu melengkapi dan mendaftar ulang janji penyerahan dokumen atau tetap melanjutkan tanpa dokumen lengkap dengan risiko visa ditolak. Jika hanya kurang fotokopi, maka bisa dibantu dengan membayar biaya sesuai jumlah lembarnya. Selesailah urusan di konter pemeriksaan. 

Tahap berikutnya pengambilan pasfoto dan sidik jari. Ada beberapa ruang yang tersedia. Setelah selesai prosesnya, kIta akan diberikan bukti telah pasfoto dan sidik jari.

Selanjutnya menbayar semua biaya termasuk biaya fotokopi jika ada di loket pembayaran. Di sini hanya menerima pembayaran secara tunai. Jadi pastikan untuk membawa cukup uang untuk membayar. Mesin ATM beberapa Bank tersedia di lantai bawah, dari lift belok ke kanan. 

Ambil kembali barang-barang titipan di loker dan kembalikan kuncinya. Tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa paspor sudah bisa diambil kembali. 

Status aplikasi kita bisa pantai melalui situs TLScontact dengan login akun kita atau dari email pemberitahuan. Bisa juga menelpon ke sini. Email status aplikasi yang saya dapatkan dari TLScontact, saat aplikasi telah dikirim ke Kedutaan (hari yang sama) dan sekali lagi saat pasport telah kembali ke TLScontact dan bisa diambil. 

Kita dapat mengambilnya selama jam yang telah ditentukan di loket pengambilan tanpa nomor antrian. Saat itu karena musim liburan maka prosesnya memakan waktu agak lama, 10 hari kerja, sampai kami was-was karena waktu hanya dari kurang 2 minggu tanggal keberangkatan dan belum booking transportasi selama di Perancis dan Spanyol. 

Untuk transportasi antar kota, kali ini saya tidak membeli Eurail pass seperti trip saya sebelumnya, tapi bervariasi dengan kereta, bus atau pesawat dari kota yang satu ke kota lainnya. Situs Rome2Rio sangat membantu dalam hal ini. Saya bisa mengetahui transportasi apa saja yang tersedia, berapa lama waktu tempuh dan perkiraan harganya. Sedangkan untuk penginapan, kami menggunakan Booking.com dan Airbnb

Demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat.

22 komentar:

  1. Selamat siang Mba, apakah referensi Bank harus mencantumkan saldo akhir atau tidak? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Nola, saya memilih untuk tidak mencantumkan saldo, karena sudah melampirkan perinciannya. Semoga membantu.....

      Hapus
  2. Utk konfirmasi tiket penerbangan apakah harus sudah issued atau bookingan bisa ?
    Trimakasih utk jawabannya

    BalasHapus
  3. untuk travel insurance apakah tanggalnya harus sama dengan tanggal keberangkatan dan kepulangan pd tiket yg di booking ? thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jika anda apply visa via Perancis. Perlu diperhatikan bahwa masing-masing negara punya ketentuan masing-masing walaupun sama-sama untuk apply visa schengen, misalnya untuk trip Eropa saya yang pertama, saya apply via Norway, durasi asuransi harus ditambah 15 hari lagi setelah perjalanan.

      Hapus
  4. Mbak...untuk hotel konfirmasi dari airbnb dan booking.com sudah cukup ya? Tidak perlu dari hotel membuat surat konfirmasinya?Dahulu sekitar 10tahun yang lalu pakai booking.com tidak diperbolehkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menggunakan print hasil booking dari website airbnb dan booking.com saja, gak ada masalah. Memang ada negara yang tidak memperbolehkan booking.com untuk akomodasi.

      Hapus
  5. Hai Mba. Mau nanya buat akta lahir, perlu di submit ga ya? Dan dalam bahasa inggris atau indo. Need your advise. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Akta lahir hanya wajib untuk anak di bawah umur & harus diterjemahkan. Semoga membantu.

      Hapus
  6. Halo mba, saya mau tanya mengenai data yang diminta saat penginputan aplikasi visa tentang Informasi perjalanan, apakah alamat & nomor telpon penginapan di perancis wajib untuk dicantumkan atau bisa dikosongkan saja ? soalnya saya sendiri belum memesan hotel disana. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Naomi, iya wajib diisi. Isi penginapan dg penginapan pertama saja. Bukti booking jg hrs diserahkan, lihat point 11 di atas. Saya pakai booking.com & airbnb dg kondisi free cancelation.

      Hapus
  7. Halo mbak. Berarti semua dokumen ktp kk akta lahir siup harus diterjemahkan ya?
    Lalu Mau tanya untuk pengajuan visa grup. Misalnya 1 keluarga ada 5 orang, apakah semuanya cm bisa pilih jam appointment di hari dan jam yang sama atau boleh berbeda? Misalnya orang tuanya Senin, lalu anaknya hari Selasa? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Vita, baca lg tulisan di atas ttg dokumen yg diperlukan. Siup hrs diterjemahkan, KK ckp di fotocopy, ktp tidak diminta, akta lahir hanya untuk anak di bawah umur tp jika kamu mau melengkapi gak apa, toh nanti saat penyerahan akan diperiksa oleh pihak TLScontact.
      Jika km menggunakan 1 akun untuk apply seluruh keluarga, maka akan mendpt 1 jadwal untuk semua.

      Hapus
  8. Halo mba mau tanya,mnrt pengalaman mba visa france keluar berapa hari stlh interview ya ?

    BalasHapus
  9. saya mau tanya, untuk bookingan hotel apakah pihak kedutaan akan check ke vadid an bookingan kita? saya booking dengan booking.com dan airbnb, kemudian saya sudah cancel, padahal visa saya belum jadi. apakah ini akan menjadi masalah besar? kalau iya, apakah ada solusinya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telat balas.Saya kurang tahu dicek atau enggak. Tapi klo membatalkan sebaiknya setelah visa selesai.

      Hapus
  10. Hai Mbak, saya mau tanya pengalaman/ setahu Mbak, akta lahir (utk dewasa) , KK, dan surat keterangan apakah wajib diterjemahkan ya?
    Karena kali ini visa utk orangtua saya, dan thn 2016 sudah pernah membuat visa schengen di Kedubes Polandia, tanpa ada dokumen yg wajib diterjemahkan ke bhs inggris.
    Mungkin ada pengalaman teman/keluarga yg menggunakan invitation letter dari Perancis, terima kasih sudah sharing.
    Sangat bermanfaat, salam hangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Puspita, akta lahir hanya untuk di bawah umur saja, untuk dewasa tidak perlu. KK cukup di fotocopy tidak perlu diterjemahkan. Surat keterangan bisa dibuat sendiri dalam bahasa Inggris.
      Pengalaman saya menggunakan invitation letter saat apply visa via Kedutaan Norway ada beberapa dokumen yg diwajibkan selain undangan dr ybs, surat pernyataan ygb menanggung biaya apa saja, surat kepolisian setempat (sudah ada formatnya) dan semuanya harus asli. Tiap negara punya aturan sendiri2 jadi bisa saja tidak sama. Kalau gak mau ribet urus saja visa turis biasa, kalaupun sampai di sana menginap di rumah pengundang maka booking hotel dibatalkan saja setelah visa disetujui. Semoga membantu ya....

      Hapus
  11. Hai mba .. mau nanya apakah mba menuliskan perjalanan menggunakan kereta dan melampirkan tiket kereta antr negaranya ataukah tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak, saya tulis untuk transportasi antar kota & negara di area schengen akan dibeli setelah visa disetujui. Hanya tiket masuk & keluar schengen aja yg saya lampirkan.

      Hapus