2017/08/09

UK Trip 2017 - Edinburgh Day 2

Ini hari terakhir kami di Edinburgh dan berakhir pula trip UK kami. Beruntung di Bobby's Bunkhouse kita boleh menitipkan tas, yang penting kita harus sudah keluar dr kamar sebelum pukul 11.00.

Bobby's Bunkhouse
Oh iya, Scotland juga menerbitkan uang, umumnya hanya diterima di area Scotland saja, namun uang Inggris berlaku di seluruh UK. Jadi disarankan untuk menghabiskan uang Scotland sebelum pindah ke daerah atau negara lain. Ini contoh bedanya dalam pecahan 5 Pouns.

£5 Scottish & British Bill
Destinasi pertama The Elephant House tak jauh dari penginapan. Cafe berwarna merah dengan tulisan "Birthplace" of Harry Potter. Disiniah J. K. Rowling mulai menulis kisah Harry Potter. Mungkin setelah mendapat inspirasi dari hasil jalan-jalan di Greyfriars Kirkyard yang tak jauh dari situ. Hari masih pagi dan cafe belum buka, kami foto-foto sebentar di depan.

The Elephant House Cafe
Kami menyusuri Royal Mile dari High Street dan Canongate, melewati Museum of Edinburgh dan patung Robert Fergusson, penulis puisi abad 18 berada di luar Canonagate Kirk. Yang dinamakan The Royal Mile adalah sepanjang jalan dari Edinburgh Castle sampai Holyrood Palace.

Edinburgh City Center Map

Museum of Edinburgh

Robert Fergisson Statue
Canongate street berujung pada Scottish Parliament di kanan jalan. Hollyrood Park berada di depannya. Awalnya saya ingin melihat Arthur’s Seat yang ada di situ, tapi akhirnya kami sepakat untuk menjelajah ke arah sebaiknya karena kami ingin mencari tahu lokasi transportasi menuju airport. Di depan kantor parlemen ada air mancur dan tempat duduk. Kami makan pagi di sini, sambil memandang Hollyrood Park yang cantik. Beberapa orang terlihat berolah raga mengelilinginya. Udara dingin dan angin bertiup kencang.

Scottish Parliament

Queen's Gallery dan Holyrood Palace berada di seberang kantor parlemen.

Queen's Gallery

Holyrood Palace
Berbelok ke Calton Road, kami melewati Waverley Rail Station, lalu Balmoral Hotel sampai di Waverley Bridge. Melewati patung Duke of Wellington, Alan Ramsay, David Livingstone.

Balmoral Hotel

David Livingstone Statue

David Livingstone lahir tahun 1813 di Blantyre, Lanarkshire. Pada tahun 1840, dia ditahbiskan sebagai misionaris dan dikirim ke Afrika Selatan, di mana dia menemukan Air Terjun Victoria. Meninggal pada tahun 1873 saat mencari sumber Sungai Nil, dan dimakamkan di Westminster Abbey. Patung tersebut memegang sebuah Alkitab, dengan pistol dan kompas di pinggangnya. Dipahat oleh Amelia Paton Hill, salah satu dari sedikit pemahat wanita di Edinburgh abad ke-19.

Monumen Scott berada tak jauh dari patung Livingstone, menara bergaya gothic. Duduk di bawah lengkungan menara, patung marmer Sir Walter Scott (1771-1832) dengan anjing kesayangannya 'Maida' karya pematung John Steell.

Scott Monument
National Gallery berada di belakang monumen. Kami menyempatkan masuk melihat-lihat koleksinya, gratis. Princess Street Garden membentang di bawahnya.

Scottish National Gallery

Scottish National Gallery Collections

Kami juga mampir di National Library of Scotland, kebetulan sedang ada pameran tentang penjelajahan ke Antartika di ruang depan. Kembali ke penginapan untuk makan siang dan mengambil titipan tas dahulu sebelum ke airport.

National Library of Scotland

Ada dua alternatif transportasi ke airport, dengan Bus Airlink 100 dari jembartan Waverley atau naik Tram dari Princess Street tak jauh dari Waverley. Bus Airlink melayani rute City Center - Edinburgh Airport selama 24 jam, dengan tarif sekali jalan £4.5 untuk dewasa dan £2 untuk anak-anak. Sedangkan tiket return £7.5 untuk dewasa dan £3 untuk anak-anak. Busnya bertingkat dan di lantai bawah tersedia rak-rak untuk meletakkan tas dan barang bawaan kita. Kita bisa membayar tiket langsung ke supir. Perjalanan sekitar 30 menit.

Jika naik Tram, kita harus membeli tiket di mesin yang ada di halte sebelum naik. Mesin hanya menerima pembayaran dengan kartu atau uang koin saja. Tarif sekali jalan £5.5 dan return £8.5.

Bus Airlink 100 at Waverley Bridge

Edinburgh Trams
Edinburgh Airport baru menerapkan self bag drop, ada beberapa mesin check in bagasi depan counter keberangkatan. Taruh bagasi di atas mesin, scan boarding pass maka mesin akan mengukur dan menimbang bagasi. Jika melebihi ketentuan, maka kita harus pindah ke oversize bagage. Jika lolos, mesin akan mencetak tag bagasi lalu kita harus menyerahkan bagasi ke petugas penerima bagasi. Namun jika kita pemegang paspor yang memerlukan visa, maka harus tetap check in via counter seperti biasa.

Pada jalur pemeriksaan semua barang bawaan harus dimasukkan ke keranjang yang disediakan. Laptop dan tablet harus dikeluarkan dari tas, juga barang-barang cair harus dimasukkan dalam kantong plastik transparan yang di sediakan di area sebelum masuk ke antrian. Tersedia pula tempat sampah jika calon penumpang ingin membuang barang bawaannya yang sekiranya tidak diperbolehkan untuk dibawa ke kabin. Hampir semua penumpang membongkar koper dan tasnya. Dari pengalaman ini, selanjutnya kami melakukan hal yang sama pada setiap kami naik pesawat, sehingga mempercepat pemeriksaan.

Edinburgh Airport Bag drop

Kami naik easyJet menuju Paris Charles de Gaulle, sampai pukul 21.30. Perjalanan kami berlanjut di Perancis.....