2017/08/07

UK Trip 2017 - Livepool & Manchester One Day Trip

Bus kami sampai di Manchester lewat pukul 4 pagi. Udara dingin sekali dan langit masih gelap. Kami berjalan menuju Garden Hotel, tempat kami mengnap malam ini, tak sampai 10 menit dari stasiun bus. Pintu hotel dikunci, kami membunyikan bel. Waktu check in memang jam 14.00, tapi kami berharap bisa menitipkan tas kami dan numpang ke toilet. Ternyata tidak diperbolehkan oleh staf hotel. Jadilah kami harus menyeret-nyeret tas selama keliling di Liverpool, cukup melelahkan.

Kembali ke stasiun bus, kami membeli tiket Bus National Express Manchester - Liverpool PP dari mesin. Berangkat menuju Liverpool 5.30 dan kembali ke Manchester 13.30. Perjalanan sekitar 1 jam. Sampai di Liverpool One Bus Station, masih pagi. Kami memutuskan untuk mengunjungi Liverpool FC Stadiun lebih dahulu karena lokasinya agak jauh dan harus naik bus. Saya tanya ke seorang ibu yang juga menunggu bus, berapa harga tiket bus. Tiket sekali naik £2, sedangkan sehari £4,3. Jadi kami membeli one day ticket di atas bus. Kami naik bus no.26 jurusan Anfield. Di bus tidak ada informasi sampai dimana, jadi agak was-was juga takut kelewatan. Mendekati stadion mulai terlihat papan petunjuk "Liverpool FC Stadium".

Liverpool One Bus Station

Liverpool FC Stadium

Bayangan saya stadionnya sepeti kompleks Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, tapi ternyata bangunan berpagar dan langsung berbatasan dengan tepi jalan. Stadion sedang direnovasi, banyak alat berat di sekelilingnya. Stadion, toko, tur dan museum baru buka pukul 9.00. Setelah foto-foto sebentar kami kembali ke pusat kota, naik bus no.27 dan turun di Cumberland Street (stop DC). Nantinya kami kembali ke stasion lagi setelah jam buka.

Rute perjalanan kami di Liverpool selain Liverpool FC Stadium.

Berlokasi di 10 Mathew Street, sebuah gang kecil tempat Beatles mulai dikenal.
        Pada dinding depan tedapat wall of fame, nama-nama musisi yang pernah tampil di
        Cavern Club tsb. Liverpool tak lepas dari The Beatles, mereka ada di mana-mana,
        bahkan di toko permen, etalasenya dihiasi Beatles yang tersusun dari butiran
        permen. Menarik bukan?

Beatles Cavern Pub

Beatles everywhere

Beda 1 gang dari Cavern Club di Stanley Street, kita akan menemukan Eleanor Rigby
        statue. Patung dibuat oleh Tommy Steele, berdasarkan salah satu lagu The Beatles
        berjudul Eleanor Rigby yang dirilis tahun 1966 dalam album Revolver. Lagu ini
        berkisah tentang orang kesepian.

Eleanor Rigby Statue

Liverpool Town Hall
Church of Our Lady and St. Nicholas
         Terdiri dari the Royal Liver Building (1908-11) oleh Walter Aubrey Thomas, the
         Cunard Building (1914-16) oleh Willinck & Thicknesse bersama Arthur J. Davis dan
         bekas kantor the Mersey Docks and Harbour Board (1903-07) oleh Briggs &
         Wolstenholme with Hobbs & Thornely.

The Three Graces Building

Real size Beatles Statue

Museum of Liverpool

Billy Fury Statue

Albert Dock view

Beatles Story

Kami beristirahat sambil menunggu keberangkatan bus kembali ke Manchester di sekitar bianglala Wheel of Liverpool. Lokasi terminal bus Liverpool One berada di seberang jalan Albert Dock.

Rest & relax

Setelah check in di Garden Hotel, kami memutuskan untuk istirahat sebentar selain masih lelah karena semalam tidur di bus juga matahari sedang terik. Agak sore baru kami jalan-jalan di Manchester. Hotel kami tidak jauh dari stasiun Manchester Piccadilly, kami berjalan menuju ke sana. Manchester punya metro shuttle bus gratis keliling city center. Ada 3 jurusan dan kita bisa naik dan turun di halte yang dilewatinya. Kami naik Metro Shuttle 3 dari halte di depan stasiun Manchester Piccadilly dan turun di Chinatown dilanjutkan dengan jalan kaki.

Pretty Old Building near Manchester Piccadilly

Manchester Chinatown gate

Bird's nest sculpture at the park

Exchange Square
Untuk masuk ke National Football Museum kita tidak perlu membayar alias gratis, tapi sayangnya kami sampai museum sudah tutup. Jadi kami hanya melihat-lihat di sekitarnya saja dan foto-foto di Football Walk of Fame yang berada di samping gedung.

National Football Museum

Football Walk of Fame

One Angel Square

a painted building

Sebenarnya ingin ke Manchester United Stadium tapi tiba-tiba hujan deras dan hari sudah malam meskipun masih terang, akhirnya kami memutuskan kembali ke hotel, karena esok pagi harus naik kereta jam 6.15 ke Edinburgh dari stasiun Manchester Piccadilly.